Countdown Pilgub

Menjelang Hari Pemungutan Suara, 15 Februari 2017

Cek DPT Online


Detail Berita

Rapat Pleno Rakapitulasi, Penetapan dan Pengumuman Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi Gorontalo
Dibuat Oleh : Administrator, Terbit : Minggu 26 Februari 2017 Dilihat : 219 Kali

Logo KPU

KPU Provinsi Gorontalo Menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi, Penetapan Hasil Penghitungan Suara Tingkat Provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo Tahun 2017 di Tingkat Provinsi pada tanggal 24 Februari 2017 di Hotel Damhil, Kota Gorontalo. Rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo Drs Muh N Tuli, M.Ag pada pukul 10.00 Wita, diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa,"ujar Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Aniki Suleman, S.Sos, M.Si.

Rapat pleno dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota KPU kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi, Panwaslih Kabupaten/Kota, Gakumdu, Saksi dari tiga pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur hanya dua saksi yang hadir, jajaran Forum Komunikasi Pemerintahan Daerah (Forkominda), ormas dan insan pers. Turut hadir DKPP RI dan Bawaslu RI.

Menurut Aniki Suleman, Dalam rapat pleno, Ketua KPU Provinsi mempersilahkan secara berurutan 6 KPU Kab/Kota untuk membacakan hasil rekapitulasi dan rincian penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten/kota dengan terlebih dahulu mengambil berkas rekapitulasi dalam kotak suara yang masih disegel. Diawali oleh KPU Kabupaten Gorontalo dilanjutkan oleh KPU Kabupaten Boalemo, KPU Kabupaten Pohuwato, KPU Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara dan KPU Kota Gorontalo.

Hasil Rapat pleno menunjukkan bahwa Total suara sah di Provinsi Gorontalo sebanyak 643.839 dan suara tidak sah sebanyak 8325 Tingkat partisipasi masyarakat sebesar 81.34 % dari total DPT Pilgub sebanyak 791.129. Tingkat Partisipasi Pilgub Gorontalo melebihi target nasional yaitu, 77,5%. Pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur no Urut 1, Hana Hasanah Fadel Muhamad-Tony Junus memperoleh 166.430 suara sah. Sementara Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 2, Rusli Habibie - Idris Rahim unggul dengan perolehan suara sebanyak 326.131 suara sah. Sedangkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 2, Zainudin Hasan-Adhan Dambea urutan terakhir dengan perolehan suara sebanyak 151.278
suara sah.

Rapat pleno rekapitulasi dan perhitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo 2017 di tingkat Provinsi Gorontalo berjalan dengan lancar dan kondusif. kata Aniki Suleman, diakhiri dengan penandatanganan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil dan rincian penghitungan suara dari setiap KPU Kabupaten/Kota di tingkat provinsi untuk dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo 2017 dan penyerahan hasil kepada Bawaslu dan saksi dari kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo Tahun 2017.


  

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar